Perilaku Keorganisasian

Resume1 STIKOM SURABAYA
1.Langkah –langkah awal bekerja dengan kondisi perusahaan yang akan berhasil:
Mengidenfikasi masalah individu (karakter Individu) dan kelompok (Tim work dan Sumber Daya Manusianya)
Budaya organisasi yang ada dinegara atau tempat perusahaan tersebut.
Motivasi bekerja untuk karyawan.

2.Pengertian Manajemen
suatu proses mengelola, merencanakan, mengorganisasikan, memimpin perseorangan dalam suatu berkelompok demi tujuan tertentu.

3.Organisasi
Suatu langkah untuk mengontrol beberapa orang menjadi bersamaan untuk tujuan yang spesifik. Organisasi bisa berupa profit atau Non Profit(Tidak mengambil keuntun gan atau imbalan) contoh : organisasi yang bertujuan untuk pembelajaran.

Kharakter organisasi
•Tujuan
•Struktur
•Orang

4.Mengapa Perlu Manajemen
•Mencapai tujuan
•Menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan
•Mencapai efisiensi dan efektivitas
•Contohnya efektif: Suatu saat atasan kita meminta kita untuk mengerjakan tugas dan kita mengerjakan dan menyelesaikan tugas tersebut misalnya memerlukan waktu satu hari setelah perintah, atau lima hari setelah perintah, atau satu tahun setelah perintah, asal kita mengerjakan tugas tersebut dan tugas tersebut selesai maka kita sudah disebut berlaku efektif
•Contohnya : tugas yang diberikan atasan dapat dikerjakan dan mestinya selesai dalam satu hari tetapi kita menyelesaikan dalam lima hari, berarti kita tidak berlaku efisien. efisien jika dapat mengerjakan kurang dari dalam satu hari.

5.Proses Manajemen
P = PLANNING .
O = ORGANIZING
A = ACTUATING
C = CONTROLING

6.Keberhasilan Organisasi
•Mampu tidaknya manajer menjalankan fungsi manajemennya
•Tersedianya tenaga operasional yg trampil sesuai dengan bidangnya
•Tersedianya anggaran yg memadai
•Tersedianya sarana & prasarana kerja
•Adanya mekanisme kerja yg sesuai
•Iklim kerja yg positif

7.Manajer
Melakukan sesuai pekerjaannya melalui orang lain, Alokasi Sumber daya, mengarahkan aktivitas untuk melakukan tujuan memimpin organisasi.

8.Management Processes (cont’d)
1.Planning
– mendefinisikan tujuan, membangun strategi, dan mengembangkan rencana untuk mengkoordinasikan seluruh kegiatan
2. Organizing
– menentukan apa tugas-tugas yang harus dilakukan, siapa yang melakukannya, bagaimana tugas-tugas harus dikelompokkan, siapa melapor kepada siapa dan dimana keputusan harus dibuat
3. Actuating
– memotivasi karyawan, mengarahkan kegiatan orang lain dalam sebuah tim yang baik.
4.Controlling
– Proses pemantauan kinerja, membandingkannya dengan tujuan, dan mengoreksi setiap penyimpangan yang terjadi secara signifikan

9.PERAN MANAJER
Henry Mintzberg (Donelly et al, 1987) : dalam mempelajari aktivitas para manajer puncak menyimpulkan bahwa hari – hari kerja seorang manajer dipenuhi dengan berbagai kegiatan yg dpt dikelompokkan dalam 3
macam peran :
•Peran Pribadi : Tokoh,Pemimpin,penghubung
•Peran Keputusan : Wirausaha, Pengatur gangguan , Alokator Sumber Daya, Perunding
•Peran Informasi : Pemantau (memantau mengembangan diluar / didalam organisasi), Penyebar, Juru bicara (jubir untuk semua kegiatan organisasi)

10.Kebutuhan ketrampilan ditingkat manajemen yang berbeda
•Manajement Puncak (Knseptual)
•Manajement Menengah (Manusiawai)
•Manajement Lini Pertama (Teknis)

11.OB ??
A.merupakan cara berpikir pada tingkat individu, kelompok dan organisasi OB bersifat yang menggunakan prinsip, model,teori, dan metode.
B.OB berorientasi kemanusiaan yaitu manusia dan perilakunya seperti persepsi, kapasitas pembelajaran, kepribadian dan motivasi dalam bekerja
C.OB berorientasi kinerja
D.OB berhubungan dengan factor eksternal
E.OB sangat tergantung pada metode ilmiah yang menuntut rasionalitas

12.Basic Model OB
1.Organizational System Level
2.Group Level
3.Individual Level

13.Tantangan OB
•Responding to Globalization
• Improving quality and productivity
• Improving people’s skill
• Managing workforce diversity
• Empowering people
• Coping with temporariness
• Stimulating innovation and change
• Improving ethical behavior
• Declining employee loyalty

Sumber : suhandiah.ppt.perilaku dalam berorganisasi

Leave a comment