Perilaku Berkelompok & Komunikasi Kelompok

Resume 5&6 STIKOM SURABAYA

PERILAKU BERKELOMPOK & KOMUNIKASI KELOMPOK

􀁼 “Kumpulan yang terdiri dari dua individu atau lebih yang berinteraksi dan saling bergantungan, yang saling bergabung untuk mencapai tujuan tertentu”. Source: Gibson

TIPE KELOMPOK
1. Kelompok formal
– Suatu kelompok kerja yang ditandai dengan struktur organisasi, aturan, fungsi dan lain-lain.
a. Kelompok Komando (command group)
􀃆 Kelompok yang tersusun oleh atasan dan bawahan dan ditentukan oleh bagan organisasi
b. Kelompok Tugas (task group)
􀃆 Kelompok yangditetapkan secara organisasional yang bekerja sama untuk menyelesaikan suatu tugas

TIPE KELOMPOK
A. Kelompok informal
– Suatu kelompok yang tidak terstruktur secara formal atau tidak ditetapkan secara organisasi,
terdiri dari dua tipe yaitu :
B. Kelompok Kepentingan (interest group)
Kelompok yang bekerja sama untuk mencapai suatu sasaran khusus yang menjadi
kepedulian bersama
C. Kelompok Persahabatan (friendship group)
Kelompok yang bersama-sama karena mempunyai kesamaan karakter

ALASAN BERKELOMPOK
􀁼 Keamanan
􀁼 Status
􀁼 Harga diri
􀁼 Afiliasi/pertalian
􀁼 Kekuasaan
􀁼 Pencapaian Tujuan

TAHAP PERKEMBANGAN KELOMPOK
􀁼 Model 5 Tahap
􀁹 Pembentukan/forming
􀁹 Keributan/storming
􀁹 Penormaan/norming
􀁹 Pelaksanaan/performing
􀁹 Penundaan/adjourning

KESUKSESAN KELOMPOK
􀁼 Kondisi Internal
􀁹 Kemampuan anggotanya
􀁹 Ukuran kelompok
􀁹 Tingkat konflik
􀁹 Tekanan informal pd anggota kelompok
􀁼 Kondisi Eksternal

KONDISI EKSTERNAL KELOMPOK
1. Strategi organisasi
2. Struktur wewenang/otoritas
3. Aturan formal
4. Sumber daya organisasi
5. Proses seleksi
6. Penilaian prestasi dan sistem imbalan
7. Budaya organisasi
8. Kondisi kerja

STRUKTUR KELOMPOK
􀁼 Kepemimpinan formal
􀁼 Peran
􀃆 seperangkat pola perilaku yg diharapkan dr seseorang yg menduduki posisi tertentu dalam unit sosial tertentu
􀁹 Identitas peran: sikap & perilaku yg konsisten dengan perannya dalam kelompok
􀁹 Persepsi peran: cara pandang ttg perilaku yg diharapkan dilakukan pada situasi tertentu
􀁹 Pengharapan peran: perilaku yg diharapkan oleh org lain agar seseorang melakukannya dlm situasi tertentu
􀁹 Konflik peran: situasi dimana individu dihadapkan pd pengharapan peran yg bertentangan

PROSES KELOMPOK :
􀁼 Sinergi
􀁼 Efek fasilitas sosial
Tugas Kelompok :
• Kompleks􀃆 membutuhkan informasi yg lengkap, tidak bersifat rutin
• Sederhana􀃆 rutin, memiliki kejelasan prosedur
PENGAMBILAN KEPUTUSAN KELOMPOK
1. Keuntungan Kerugian
2.Informasi lebih lengkap
3. Menghabiskan waktu
4. Sudut pandang masalah lebih beragam
5. Didominasi oleh beberapa orang
6. Penerimaan yang lebih baik thd keputusan
7. Tanggung jawab tidak jelas

COMMUNICATION
􀁼 Process of transmitting meaningful symbols between individual
􀁼 Process of passing information and understanding from one person to another
􀁼 Adalah proses pengiriman ide atau pikiran, dari satu orang kepada orang lain dengan tujuan untuk menciptakan pengertian dalam diri orang yang menerimanya ( C.A.Brown)

KOMUNIKASI SULIT ??
HETEROGEN PEOPLE
– BEDA LATAR BELAKANG
– BEDA TINGKAT PENDIDIKAN
– BEDA PENGALAMAN / PARADIGMA
– BEDA PEKERJAAN, KEBUTUHAN
– BEDA KEDUDUKAN
– BEDA GAYA …..dsb.

FUNGSI KOMUNIKASI
• fungsi kontrol : pengendali perilaku
• fungsi motivasi :
faktor meningkatkan motivasi.
Contoh: seseorang pimpinan yang lebih suka untuk motivasi bawahannya daripada memberi perintah. Sebab pekerjaan yang dilakukan secara sukarela oleh karyawan akan menghasilkan kepedulian yang lebih besar dibanding kalau pimpinan sering memperlihatkan kekuasaan dan kewenangannya
• fungsi ekspresi perasaan : penyampai perasaan kepada orang lain
• fungsi informasi :
penyampai data /informasi, lebih lanjut berguna untuk pengambilan keputusan.
Informasi yang didapat memungkinkan setiap anggota organisasi dapat melaksanakan pekerjaannya secara lebih pasti informasi pada dasarnya dibutuhkan oleh semua orang yang mempunyai perbedaan kedudukan dalam suatu organisasi.

ARAH KOMUNIKASI
􀁼 Komunikasi vertikal
􀁹 Komunikasi ke bawah (memberi pengarahan, informasi, instruksi, dll)
􀁹 Komunikasi keatas (suplai informasi yang terjadi di tk.bawah: laporan periodik, penjelasan, gagasan, dll)
􀁼 Komunikasi Lateral/Horizontal
􀁹 Komunikasi antara anggota dlm kel. yg sama
􀁹 Komunikasi antara departemen pd tingkatan organisasi yg sama
􀁹 Bersifat koordinatif
􀁼 Komunikasi Diagonal

KOMUNIKASI FORMAL & INFORMAL
􀁼 Formal
􀁹 Dikendalikan oleh manajemen
􀁹 Kadang-kadang menghambat proses komunikasi
􀁹 Sebagian besar digunakan dlm penyelesaian tugas
􀁼 Informal
􀁹 Tidak dikendalikan oleh manajemen
􀁹 Mudah diterima
􀁹 Digunakan untuk menjalin hubungan lebih erat

HAMBATAN KOMUNIKASI EFEKTIF
􀁼 Hambatan-hambatan organisasional
􀁹 Tingkatan hierarki
􀁹 Wewenang manajerial
􀁹 Spesialisasi
􀁼Hambatan-hambatan antar pribadi
􀁹 Persepsi selektif
􀁹 Status/kedudukan komunikator
􀁹 Keadaan membela diri
􀁹 Pendengaran lemah
􀁹 Ketidaktepatan penggunaan bahasa

PENINGKATAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI
􀁼 Kesadaran akan kebutuhan komunikasi efektif
􀁼 Penggunaan Umpan – Balik
􀁼 Menjadi Komunikator yg lebih efektif

Sumber : suhandiah.ppt.perilaku dalam berorganisasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s