Model SIA

Resume2 Stikom surabaya

H. Model umum SIA

Sumber Daya : Suatu peristiwa baik diperoleh dari eksternal maupun internal yang diproses menjadi informasi

Pengolahan Data :

  • Proses awal / tahap 1dari suatu system yang harus menvalidasi / menangkap setiap peristiwa (valid/ sah ke pengecekan)
  • Harus disesuaikan dengan output yang dihasilkan.

I. Charakter informasi yang berguna bagi SIA

  1. Relevan : sesuai apa yang direncanakan / tujuan
  2. Handal : Informasi dapat dipercaya
  3. Lengkap
  4. Tepat Waktu
  5. Dapat dupahami
  6. Dapat diverifikasi

G. Nilai informasi dalam pengambilan Keputusan

  1. Dapat mengidentifikasi berbagai informasi yang dibutuhkan tindakan manajement.
  2. Sebagai dasar untuk memilih berbagai alternative tindakan
  3. Informasi tentang hasil keputusanterdahulu dapat memberikan umpan balik yang dipakai untuk memperbaiki keputusan mendatang.

H. Sub system SIA

  1. Sistem Pemrosesan transaksi (SPT)
  2. Sistem Pelaporan Buku Besar/ keuangan
  3. Sistem Pelaporan Manajement

Jika system awal tidak ada yang menangkap maka system berikutnya tidak akan berjalan dengan lancer.

I. Sistem pemrosesan Transaksi

Merupakan pusat seluruh fungsi system informasi dengan :

  1. Mengkonversi peristiwa ekonomi ke transaksi keuangan
  2. Mencatat transaksi keuangan dalam record akuntansi.
  3. Mendistribusikan informasi akuntansi yang utama ke personal operasi untuk mendukung kegiatan operasi harian mereka.

J. Siklus Pemrosesan Transaksi

  1. Pendapatan : Revenue Cycle
  2. Pengeluaran : Expenditure Cycle
  3. Penggajian Sumber Daya Manusia
  4. Produksi : Production Cycle
  5. Keuangan : mencangkup kegiatan untuk mendapatkan dana dari investor, membayar & kreditor.
  1. H. Sistem Pemrosesan Transaksi
    1. Kegiatan, event
    2. Sumber daya Alam
    3. Pelaku
  1. Cara Pemrosesan Sistem Pemrosesan Transaksi
    1. Pemrosesan Batch : Dikelompokan transaksi baru akan diproses
    2. Pemrosesan Online : Tidak ada penundaan proses langsung update / realtime
    3. Pemrosesan Campuran (Hibrid) : Merupakan batch dan online (transaksi pada hari itu / 1 hari di inputkan tapi tidak bias langsung online karena pusat sulit online).
  1. Sistem pada Buku Besar / keuangan (SPK)

Pengertian :

  • Sistem pelaporan keuangan yang menyediakan informasi keuangan intern yang di perlukan untuk manajement bisnis.
  • Dari sisi manejr memerlukan informasi yang harus dilakukan
  • 2 sistem yang saling eart terkait karena interpendansi operasional maka keduanyadipandang sistem tunggal integrative. Besar input dari keduanya yaitu Siklus Transaksi diproses oleh SPB untuk ipdate akun-akun buku besar.
  1. Sistem Pelaporan Manajement
    1. Pengertian: Sistem pelaporan keuangan menyediakan informasi keuangan internet yang diperlukan untuk manajemen bisnis manajer memerlukan informasi berbeda untuk jenis keputusan yang harus dilakukan berbeda dengan yang lain.
    2. Output laporan keuangan pada SPM:
  • Pihak external : investor, department pajak, kreditor, rekan kerja
  • Pihak internal : Tergantung kemampuan system analis tentang kebutuhan dan kondisi perusahaan.
  1. Laporan Manajement : selisih dari produksi dan penjualan
  1. Sistem Penggendalian Interent

a) Pengertian dan tujuan : Struktur organisasi, metode / ukuran yang dikoordinasikan untuk menjaga asset perusahaan, pengecekan dan keandalan data akan akuntansi, mendorong dipatuhnya kebijakan manajement, mendorong organisasi.

b) Unsur SPI:

  • Struktur organisasi yang memisahkan tanggung jawab secara tegas.
  • Sistem wewenang dan prosedurnpencatatan yang memberikan perlindungan terhadap kekayaan, utang pendapat dan biaya.
  • Praktek yang sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsi setiap unit organisasi.
  • Karyawan yang mutunya sesuai tanggung jawab.

Sumber :

arifin.ppt.sistem informasi akuntansi.

Setiawati,lilies. Diana, Anastasia.2010.sistem informasi akuntansi.yogjakarta :ANDI

Hall.James a. 2001.system informasi akuntansi.jakarta: Pt.Selemba emban patris

Leave a comment