Resume2 Stikom surabaya
H. Model umum SIA
Sumber Daya : Suatu peristiwa baik diperoleh dari eksternal maupun internal yang diproses menjadi informasi
Pengolahan Data :
- Proses awal / tahap 1dari suatu system yang harus menvalidasi / menangkap setiap peristiwa (valid/ sah ke pengecekan)
- Harus disesuaikan dengan output yang dihasilkan.
I. Charakter informasi yang berguna bagi SIA
- Relevan : sesuai apa yang direncanakan / tujuan
- Handal : Informasi dapat dipercaya
- Lengkap
- Tepat Waktu
- Dapat dupahami
- Dapat diverifikasi
G. Nilai informasi dalam pengambilan Keputusan
- Dapat mengidentifikasi berbagai informasi yang dibutuhkan tindakan manajement.
- Sebagai dasar untuk memilih berbagai alternative tindakan
- Informasi tentang hasil keputusanterdahulu dapat memberikan umpan balik yang dipakai untuk memperbaiki keputusan mendatang.
H. Sub system SIA
- Sistem Pemrosesan transaksi (SPT)
- Sistem Pelaporan Buku Besar/ keuangan
- Sistem Pelaporan Manajement
Jika system awal tidak ada yang menangkap maka system berikutnya tidak akan berjalan dengan lancer.
I. Sistem pemrosesan Transaksi
Merupakan pusat seluruh fungsi system informasi dengan :
- Mengkonversi peristiwa ekonomi ke transaksi keuangan
- Mencatat transaksi keuangan dalam record akuntansi.
- Mendistribusikan informasi akuntansi yang utama ke personal operasi untuk mendukung kegiatan operasi harian mereka.
J. Siklus Pemrosesan Transaksi
- Pendapatan : Revenue Cycle
- Pengeluaran : Expenditure Cycle
- Penggajian Sumber Daya Manusia
- Produksi : Production Cycle
- Keuangan : mencangkup kegiatan untuk mendapatkan dana dari investor, membayar & kreditor.
- H. Sistem Pemrosesan Transaksi
- Kegiatan, event
- Sumber daya Alam
- Pelaku
- Cara Pemrosesan Sistem Pemrosesan Transaksi
- Pemrosesan Batch : Dikelompokan transaksi baru akan diproses
- Pemrosesan Online : Tidak ada penundaan proses langsung update / realtime
- Pemrosesan Campuran (Hibrid) : Merupakan batch dan online (transaksi pada hari itu / 1 hari di inputkan tapi tidak bias langsung online karena pusat sulit online).
- Sistem pada Buku Besar / keuangan (SPK)
Pengertian :
- Sistem pelaporan keuangan yang menyediakan informasi keuangan intern yang di perlukan untuk manajement bisnis.
- Dari sisi manejr memerlukan informasi yang harus dilakukan
- 2 sistem yang saling eart terkait karena interpendansi operasional maka keduanyadipandang sistem tunggal integrative. Besar input dari keduanya yaitu Siklus Transaksi diproses oleh SPB untuk ipdate akun-akun buku besar.
- Sistem Pelaporan Manajement
- Pengertian: Sistem pelaporan keuangan menyediakan informasi keuangan internet yang diperlukan untuk manajemen bisnis manajer memerlukan informasi berbeda untuk jenis keputusan yang harus dilakukan berbeda dengan yang lain.
- Output laporan keuangan pada SPM:
- Pihak external : investor, department pajak, kreditor, rekan kerja
- Pihak internal : Tergantung kemampuan system analis tentang kebutuhan dan kondisi perusahaan.
- Laporan Manajement : selisih dari produksi dan penjualan
- Sistem Penggendalian Interent
a) Pengertian dan tujuan : Struktur organisasi, metode / ukuran yang dikoordinasikan untuk menjaga asset perusahaan, pengecekan dan keandalan data akan akuntansi, mendorong dipatuhnya kebijakan manajement, mendorong organisasi.
b) Unsur SPI:
- Struktur organisasi yang memisahkan tanggung jawab secara tegas.
- Sistem wewenang dan prosedurnpencatatan yang memberikan perlindungan terhadap kekayaan, utang pendapat dan biaya.
- Praktek yang sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsi setiap unit organisasi.
- Karyawan yang mutunya sesuai tanggung jawab.
Sumber :
― arifin.ppt.sistem informasi akuntansi.
― Setiawati,lilies. Diana, Anastasia.2010.sistem informasi akuntansi.yogjakarta :ANDI
― Hall.James a. 2001.system informasi akuntansi.jakarta: Pt.Selemba emban patris